PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OLAHRAGA FUTSAL DI KOTA LANGSA (Studi Kasus pada Produk Sepatu Specs terhadap Mahasiswa di Kota Langsa)

Fitrah Fahmi, Meutia Dewi, Suri Amilia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk sepatu Specs pada Mahasiswa di Kota Langsa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan analisis koefisien determinasi. Citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk sepatu Specs pada Mahasiswa di Kota Langsa, dimana dari uji t diperoleh nilai t sig. 0,017 < 0,05.Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk sepatu Specs pada Mahasiswa di Kota Langsa, dimana dari uji t diperoleh nilai t sig. 0,027 < 0,05. Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk sepatu Specs pada Mahasiswa di Kota Langsa, dimana dari uji t diperoleh nilai t sig. 0,020 < 0,05. Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk sepatu Specs pada Mahasiswa di Kota Langsa, dimana dari uji t diperoleh nilai t sig. 0,023 < 0,05.Citra merek, kualitas produk, harga, dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk sepatu Specs pada Mahasiswa di Kota Langsa, dimana dari uji F diperoleh nilai F sig. 0,004 < 0,05. Dari analisis koefisien determinasi diketahui bahwa variabel citra merek, kualitas produk, harga, dan promosi mempengaruhi keputusan pembelian produk sepatu Specs pada Mahasiswa di Kota Langsa sebesar 48,4%, sedangkan sisanya 51,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.

 

Kata Kunci: Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Promosi, Keputusan   Pembelian.

 

 

Abstract 

This study aims to determine the effect of brand image, product quality, price, and promotion on purchasing decisions of Specs shoes for students in Langsa City. The sample in this study amounted to 96 respondents. Methods of data analysis using multiple linear regression analysis, t test, F test, and analysis of the coefficient of determination. Brand image has a significant effect on purchasing decisions for Specs shoes for students in Langsa City, where from the t test, the t sig value is obtained. 0.017 < 0.05. Product quality has a significant effect on purchasing decisions for Specs shoes for students in Langsa City, where from the t test, the t sig value is obtained. 0.027 < 0.05. Price has a significant effect on purchasing decisions for Specs shoes for students in Langsa City, where from the t test, the t sig value is obtained. 0.020 < 0.05. Promotion has a significant effect on purchasing decisions for Specs shoes for students in Langsa City, where from the t test, the t sig value is obtained. 0.023 < 0.05. Brand image, product quality, price, and promotion simultaneously have a significant effect on purchasing decisions for Specs shoes for students in Langsa City, where from the F test the F sig value is obtained. 0.004 < 0.05. From the analysis of the coefficient of determination, it is known that the variables of brand image, product quality, price, and promotion affect the purchase decision of Specs shoe products for students in Langsa City by 48.4%, while the remaining 51.6% is influenced by other variables outside this research model.

 

Keyword: Brand Image, Product Quality, Price, Promotion, Purchase Decision


Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.