Pengaruh Harga, Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan Kafe Kanasha Bistro di Kota Langsa)

Suherman Suherman, Rahmi Meutia, Dewi Rosa Indah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, store atmosphere, kualitas pelayanan, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada kafe Kanasha Bistro di Kota Langsa. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 96 responden dengan frekuensi pembelian minimal dua kali atau lebih di kafe Kanasha Bistro. Metode analisis data menggunakan persamaan regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Y= 2,642 + 0,009X1 + 0,359X2 + 0,118X3 + 0,039X4. Hasil uji t menyatakan faktor harga berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan kafe Kanasha Bistro, faktor store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan kafe Kanasha Bistro, faktor kualitas pelayanan berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan kafe Kanasha Bistro, dan faktor kepuasan pelanggan berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas pelangggan kafe Kanasha Bistro. Hasil uji F menyatakan harga, store atmosphere, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada kafe Kanasha Bistro. Hasil uji koefisien determinasi (Adjusted R2) diperoleh nilai 0,329 atau sebesar 32,9% faktor harga, store atmosphere, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan sementara sisanya 67,1% dipengaruh oleh variabel lain seperti: faktor kualitas produk dan relationship marketing.

Full Text:

PDF

References


Basu, Swastha dan Irawan. (2013), Manajemen Pemasaran Modern, Edisi ke-2, Yogyakarta : ​​​Liberty.

Ghozali. (2016), Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS, Edisi ke-7, ​​​Semarang : Universitas Diponegoro.

Juni Priansa, Donni. (2017), Manajemen Sekretaris Perkantoran, Edisi Pertama, Bandung : ​​​Pustaka Setia.

Sangadji, E.M., dan Sopiah. (2013), Prilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertasi : ​​​Himpunan Jurnal Penelitian, Edisi Pertama, Yogyakarta : Andy Offset.

Sembiring, Suharyono, dan Kusumawati. (2014), Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas ​​​Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan, ​​Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 15 No.1 Oktober 2014.

Sugiyono. (2017), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Edisi ke-2, Bandung : ​​​Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.