PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN INOVASI PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG PRODUK SEPATU CHARLES & KEITH SEMI PREMIUM DI KOTA LANGSA

Febri Dwi Andini, Nurlaila Hanum, Suri Amilia

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui variabel apa saja yang mempengaruhi minat beli ulang produk sepatu Charles & Keith Semi Premium di Kota Langsa. Variabel yang diduga mempengaruhi minat beli ulang sepatu Charles & Keith Semi Premium di Kota Langsa yaitu kualitas produk dan inovasi produk. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kuesioner dibagikan ke 96 responden. Untuk menganalisis data kuesioner tersebut digunakan analisis regresi linier berganda. Dalam pengolahan data digunakan bantuan software SPSS 20. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi  artinya konstanta sebesar 1,711 menujukkan hasil dari ilai minat beli ulang sebelum dipengaruhi oleh variabel kualitas produk dan variabel inovasi produk. Hasil uji t variabel kualitas produk diketahui t sig sebesar 0,000 < 0,05 berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang dan hasil uji t variabel inovasi produk diketahui t sig sebesar 0,000 < 0,05 berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang. Hasil uji F diketahui nilai Fsig sebesar 0,000 < 0,05 artinya kualitas produk dan inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang produk sepatu Charles & Keith Semi Pemium. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan kontribusi variabel kualitas produk dan variabel inovasi produk sebesar 0,741 atau sama dengan 74,1%, sementara sisanya 25,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti harga dan promosi.


Full Text:

PDF

References


Amrullah, Pamasang S. Sibuian, Saida Zainurossalamia ZA. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 13 (2), 99-118.

Anuraga, Gangga, Artanti Indrasetianingsih dan Muhammad Athoillah. (2012). Pelatihan Pengujian Hipotesis Statistika Dasar Dengan Softwae R. Jurnal BUDIMAS, 3 (2), 327-334.

Ariyadi, Mohammad Setia dan Zaenudin. (2022). Analisis Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Produk Web terhadap Minat Beli Ulang Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) 7, 34 (1), 334-344.

Fillayata, Vista Efanny dan Mukaram. (2020). Pengaruh Inovasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Road Cafe Steak & Pasta Bandung). Prosiding The 11th Industrial Research Workshop and National Seminar Bandung. 8 (2), 969-976.

Nurhayati dan Wahyu Wijaya Murti. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Masyarakat terhadap Produk Handphone. Value Adde, 8 (2), 47-62.

Pebrila, Lisa, Asep M. Ramdan dan Acep Samsudin. (2019). Kekuatan Pengalaman Konsumen dan Kepercayaan terhadap Minat Beli Ulang pada Toko Handmade Addictive, E-jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 8 (4), 341-354.

Putra, Giardo Permadi, Zainul Arifin dan Sunarti. (2017). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusa Pembelian dan Dampaknya terhadap Kepuasan Konsumen, Jurnal Administrasi Bisnis, 48 (1), 124-131.

Putri, Launrensia Hajani. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pembelian Ulang Konsumen terhadap Produk Nugget Delicy. Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 1 (2), 162-170.

Putro, R. Yudha Adi dan Mustapha Kamal. (2013). Analisis Pengaruh Brand Reputation, Brand Competence, dan Brand Liking terhadap Trust In Brand pada Konsumen Winsows Phoe Nokia Di Surabaya, Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 10 (2), 178-185.

Sari, Ratna, Muslikh dan Nazwirman. (2018). Upaya Menigkatkan Kinerja Bisnis Melalui Keunggulan Bersaing. Journal of Economics and Business Aseanomics (JEBA), 3 (2), 219-242.

Sartika, Dewi. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Produk You C 1000. Jurnal penelitian Ekonomi dan Bisnis, 02 (1), 10-21.

Sulistyono dan Wiwik Sulistiyowati. (2017). Peramalan Produksi Dengan Metode Regresi Linier Berganda. Prozima, 1 (2), 82-89.

Susilawati, Ika. (2012). Analisis Pengaruh Iklan, Brand Trust dan Brand Image terhadap Minat Beli Konsumen Samsung Galaxy di Ponorogo. Jusatitia Islamica, 9 (1), 147-170.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.