PENGARUH BEBAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP BURNOUT PEGAWAI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA LANGSA

Feni Darwianis, Zulkarnen Mora, Muhammad Rizqi Zati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban kerja dan lingkungan kerja terhadap burnout pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Langsa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif  dan menggunakan SPSS 25. Populasi untuk penelitian ini yaitu Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Langsa yang berjumlah 32 pegawai, dan seluruh pegawai dijadikan sampel, dalam penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh, alasan semua pegawai menjadi sampel dikarenakan masing-masing pegawai memiliki sudut pandang yang berbeda. Sementara itu untuk pengumpulan data dengan menggunakan tehnik wawancara dan menyebarkan kuesioner, dimana kuesioner tersebut sudah diuji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, menggunakan uji hipotesis yaitu uji t dan uji F. Adapun hasil uji t dalam penelitian ini menunjukkan variabel beban kerja memiliki dampak positif yang signifikan terhadap burnout, Variabel lingkungan kerja berpengaruh negatif terhadap burnout pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Langsa. Hasil uji F menunjukkan variabel beban kerja, lingkungan kerja secara simultan berpengaruh serta signifikan terhadap burnout pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Langsa. Hasil koefisien determinasi adjusted ( r2 ) variabel beban kerja dan lingkungan kerja mempengaruhi burnout pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Langsa sebesar 0.137 atau 13,7%, sementara sisanya 86,3% dipengaruhi oleh variabel lain  yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti disiplin kerja, kepuasan kerja dan kinerja.

Full Text:

PDF

References


Atmaja, W. I. G.I., & Suana, W. I., 2019, “Pengaruh Beban Kerja, Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja PT. Panca Dewata Denpasarâ€, E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, Vol. 4, No. 11; 3936-3961.

Ghozali, Imam., 2018, Aplikasi analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 23, Ed ke-7, Semarang; Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Prestiana, I. D. N., & Putri, A. X. T., 2013, “Internal Locus Of Control dan Job Insecurity Terhadap Burnout Pada Guru Honorer Sekolah Dasar Negeri di Bekasi Selatanâ€, Jurnal Soul, Vol. 6, No. 1; 58-76

Romadhoni, C. L., Asmony T., & Suryatni, M., 2015, “Pengaruh Beban Kerja, Lingkungan Kerja, Dan Dukungan Sosial Terhadap Burnout Pustakawan di Kota Mataram†Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, Vol. 3, No. 2; 125-145.

Sugiyono., 2018, Metode penelitian kuantitatif kualitatif R&B, Bandung; Alfabeta

Yo, P. M. P., & Surya, K. B. I., 2015, “Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dengan Stres Kerja Sebagai Variabel Mediasiâ€, E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, Vol. 4, No. 5 :1149-1165.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.