THE EFFECT OF ORGANIZATIONAL CULTURE AND JOB SATISFACTION ON ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR IN LANGSA CUSTOMS EMPLOYEES

Eltri Siska Pakpahan, Dhian Rosalina, Muhammad Rizqi Zati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior pada pegawai Bea Cukai Langsa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bantuan aplikasi SPSS. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear berganda. Sampel dalam penelitian ini yaitu 51 orang, dengan menggunakan metode sampling jenuh, sehingga semua populasi dijadikan sebagai sampel. Alasan semua pegawai menjadi sampel dikarenakan masing-masing pegawai mempunyai sudut pandang yang berbeda. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan penyebaran kuesioner, yang dimana kuesioner tersebut sudah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan persamaan Y = 14,916 + 0,429X1 +0,352X2. Hasil uji t untuk pengaruh budaya organisasi (X1) terhadap organizational citizenship behahavior (Y) adalah 0,013 ˂ 0,05. Hasil uji t untuk pengaruh kepuasan kerja (X2) terhadap organizational citizenship behavior (Y) adalah 0,035 ˂ 0,05. Hasil uji F untuk pengaruh secara simultan budaya organisasi (X1) dan kepuasan kerja (X2) terhadap organizational citizenship behavior (Y) adalah 0,000 ˂ 0,05. Budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap organizational citizenship behavior, kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap organizational citizenship behavior dan budaya organisasi serta kepuasan kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap organizational citizenship behavior.

 

Kata kunci: Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja, Organizational Citizenship Behavior


Full Text:

PDF

References


Akbar, Abdi. (2019). Kepuasan Kerja dan Komitmen Karyawan Dalam Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia: Upaya Untuk Menciptakan Keunggulan Kompetitif Perusahaan. Pustaka Taman Ilmu.

Fattah, Husein. (2017). Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai: Budaya Organisasi, Perilaku Pemimpin dan Efikasi Diri. Palembang: Elmatera.

Fitriani, Lis D., Sadarman, Budi. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Bagian Administrasi Umum pada PT PLN (PERSERO) Area Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, 12(1).

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Mahardika, I, Nyoman B P., Wibawa, I, Made A. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior pada Karyawan. E-Jurnal Manajemen, 8(1).

Nahrisah, Ezzah., Imelda, Sarah. (2019). Dimensi Organizational Citizenship Behavior Dalam Kinerja Organisasi. Jurnal Ilmiah Kohesi. 3(3).

Rini, Dyah P., Rusdarti dan Suparjo. (2013). Pengaruh Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (Studi pada PT Plasa Simpanglima Semarang). Jurnal Ilmiah Dinamika Ekonomi dan Bisnis. 1(1).

Rohayati, Ai. (2014). Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (Studi pada Yayasan Masyarakat Madani Indonesia). Smart-Study Management Research. 11(1).

Sudiro, Achmad. (2011). Perencanaan Sumber Daya Manusia. Malang: UB Press.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.