PENGARUH MOTIVASI DAN PELATIHAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK, PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KOTA LANGSA

Tami Silvi Afanin, Syardiansah Syardiansah, Dhian Rosalina

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan bagaimana kinerja pegawai Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana Kota Langsa dipengaruhi oleh motivasi dan pelatihan kerja dengan sampel 31 orang yang bekerja pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Langsa yang disurvei untuk penelitian ini. Uji koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda, dan uji t yang digunakan dalam metode analisis data. Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: Y = 2,548 + 0,871X1 + 0,443X2. Uji t menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Pendudukan, dan Keluarga Berencana di Kota Langsa, dan pelatihan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Berdasarkan uji F, pegawai pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana di Kota Langsa berkinerja lebih baik ketika mereka menerima pelatihan kerja dan motivasi secara bersamaan. Uji koefisien determinasi (Adjusted R2) menemukan nilai sebesar 0,420 atau 42% yang menunjukkan bahwa motivasi dan pelatihan kerja dapat menjelaskan variabel kinerja, sedangkan sisanya sebesar 58% dipengaruhi oleh faktor lain.

 

Kata kunci: Motivasi, Pelatihan Kerja, Kinerja


Full Text:

PDF

References


Arianto Nurmin dan Kurniawan Hadi.(2020). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah, Sumber Daya Manusia, 3 (3).

Andi Dede dan Iftiahanis. (2021). Pengaruh Pelatihan Kerja terhadap Kinerja karyawan pada PT Pritho Jakarta Barat. Jurnal Pemasaran, Keuangan & Sumber Daya Manusia, 1 (4).

Chandra, R. Syardiansah. (2021). Pengaruh Pengembangan Karir dan Pelatihan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Rumah Sakit Cut Nyak Dhien. JUPIIS: Jurnal pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial. 13(1), 191-199.

Nugroho, Yohanes Arianto Budi. (2019). Pelatihan dan Pengembangan SDM. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ghozali Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Universitas Diponegoro.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kuantitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta

Sujarweni, V. Wiratna. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Cetakan Pertama, Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Syardiansah. Utami, M. P. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT Pati Sari di Aceh Tamiang. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen. 5(2), 194-203.

Syardiansah. Zati, M. R. Tefu, A. F. (2021). Pengaruh Motivasi Eksternal, PengembanganKarir, Kesehatan dan Keselamatan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Motivasi. 17(2), 46-55.

Syardiansah. Latief, A. Ramadansyah, J. Wijoyo, H. Prayudi, A. Putra, R. S. (2021). The Influence of Work Motivation and Organizational Culture to Employee Performance. Proceedings of the 11th Annual International Conference on Industrial Engineering and Operations Management Singapore.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.