PENGARUH PENGAWASAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DI PTPN 1 COT GIREK KABUPATEN ACEH UTARA

Nurmela Sari, Dhian Rosalina, Muhammad Rizqi Zati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengawasan dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja pada karyawan PTPN 1 Cot Girek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bantuan aplikasi SPSS. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear berganda. Sampel dalam penelitian ini yaitu 100 orang, dengan menggunakan metode sampel random sampling sehingga pengambilan sampel diambil secara random yaitu karyawan yang bekerja di PTPN 1 Cot Girek. Alasan menggunakan random sampling agar semua karyawan baik yang di dalam atau di lapangan dapat memberi sudut pandangnya masing-masing. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan penyebaran kuesioner, yang dimana kuesioner tersebut sudah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan persamaan Y = 14,916 + 0,111X1 + 0,721X2. Hasil uji t untuk pengaruh pengawasan (X1) terhadap kepuasan kerja (Y) adalah 0,241> 0,05. Hasil uji t untuk pengaruh motivasi kerja (X2) terhadap kepuasan kerja(Y) adalah 0,000˂ 0,05. Hasil uji F untuk pengaruh secara simultan pengawasan (X1) dan motivasi kerja (X2) terhadap kepuasan kerja (Y) adalah 0,000 ˂ 0,05. Pengawasan tidak berpengaruh signifikan terhadap  kepuasan kerja, motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, dan pengawasan, motivasi kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja.

Kata kunci: Pengawasan, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja

Full Text:

PDF

References


Afandi, Pandi. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pekan Baru: Zanafa Publishing.

Bangun. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Daulay, D. Dkk. (2017). Manajemen. Lembaga Penelitian.

Fitria, Merry, dan Iskandar. (2015). Analisis Pengawasan dan Kompetensi Melalui Kinerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Teknolohi Pertanian, 16 (2).

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko, T. Hani. (2016). Manajemen. Yogyakarta: BPFE

Nurul, Tri, dan Susanti. (2019). Pengaruh Pengawasan dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Surakarta. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Robbins, Stephen, P. (2003). Organizational Behavior. New Jersey: Prentice Hall.

Robbins, Stephem P, Judge. (2009). Perilaku Organisasi Organizatonal Behavior. Jakarta: Salemba Empat.

Rona, Rita N., Yantje. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Cinemaxx Lippo Plaza Manado. Jurnal Emba, 5( 2).

Sudiro, Achmad. (2011). Perencanaan Sumber Daya Manusia. Malang: UB Press.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.