PENGARUH INOVASI PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SEPEDA MOTOR HONDA PADA CV HONDA PRIMA JAYA ACEH TAMIANG
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan sepeda motor Honda pada CV. Honda Prima Jaya Aceh Tamiang. Sampel yang digunakan berjumlah 96 responden. Metode analisis data yaitu analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Persamaan regresi dalam penelitian ini yaitu Y = 3,408 + 0,256X1 + 0,391X2. Dari uji t dapat dijelaskan bahwa inovasi produk dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan sepeda motor Honda pada CV. Honda Prima Jaya Aceh Tamiang. Dari uji F dapat dijelaskan bahwa inovasi produk dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifian terhadap loyalitas pelanggan sepeda motor Honda pada CV. Honda Prima Jaya Aceh Tamiang. Dari uji koefisien determinasi dapat dijelaskan bahwa inovasi produk dan kualitas pelayanan mempengaruhi loyalitas pelanggan sepeda motor Honda pada CV. Honda Prima Jaya Aceh Tamiang sebesar 68,1%, sedangkan sisanya 31,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.
Kata kunci: Inovasi Produk, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan
Full Text:
PDFReferences
Astuti, Widya. (2017). Spesies ikan di Batang Bungo Desa Rantau Pandan Kecamatan Rantau Pandan Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Skripsi. Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat.
Caesar Surya Dwi Putra dan Ni Wayan Ekawati. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Vespa. E-Jurnal Manajemen Unud, 6 (3), 1674-1700.
Elinawati, Susi Mentari Sinurat. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Suzuki Ertiga. Jurnal EMBA, 5 (2), 2230-2239.
Firmansyah. (2018). Pengantar Mamajemen. Edisi ke-1. Yogyakarta: Deepublish.
Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Cetakan V. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kasmir. (2017). Kepuasan Konsumen. Bandung: Erlangga.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke-13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2016). Manajemen Pemasaran. Jilid I Edisi ke 15. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi,R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Morissan. (2014). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Kencana Prenada
Putra, Susanto Doni, Seno Sumowo, dan Anwar. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Usaha Rumahan Kerupuk Ikan Super Besuki Situbondo). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3 (1), 107.
Rahadian, Maulana. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Celebrity Endorser dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Oleh-Oleh Asix (Studi Pada Pelanggan Oleh-Oleh Asix). Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya.
Somad, Rismi, dan Priansa, D. Juni. (2014). Manajemen Komunikasi Mengembangkan Bisnis Berorientasi Pelanggan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syafrizal, Seprini dan Makmur. (2016). Analisis Pengaruh Inovasi Produk terhadap Loyalitas Konsumen di Showroom Sepeda Motor Bekas Reski di Pasir Jambu Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1 (2), 20-26.
Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Refbacks
- There are currently no refbacks.