PENGARUH PROMOSI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN E-COMMERCE SHOPEE DI KOTA LANGSA

Maulana Anshori, Tengku Putri Lindung Bulan, Rahmi Meutia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan e-commerce Shopee di Kota Langsa. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan e-commerce Shopee yang berada di Kota Langsa dengan jumlah polulasi yang tidak diketahui dan sampel yang digunakan sebanyak 144 responden. Teknik penarikan sampel menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling. Metode analisis dasar menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi (adjusted R2). Hasil dari penelitian ini menunjukkan Y= 3,282 + 0,417X1 + 0,308X2. Hasil uji t menyatakan bahwa faktor promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan e-commerce Shopee di Kota Langsa dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan e-commerce  Shopee di Kota Langsa. Hasil uji F menunjukkan bahwa promosi dan kepercayaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan e-commerce Shopee di Kota Langsa. Hasil uji koefisien determinasi (adjusted R2) diperoleh nilai sebesar 49,5% sedangkan sisanya sebesar 50,5% dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata kunci: Promosi, Kepercayaan, Loyalitas Pelanggan

 


Full Text:

PDF

References


Ahdiat, A. (2023). Januari 31). E-commerce dengan Jumlah Kunjungan Situs Terbanyak di indonesia (Kuartal IV 2022). 31 Januari 2023.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/01/31/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-iv-2022.

Barnes, J. G. (2013). Secrets of Customer Relationship Management. Yogyakarta: Andi.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C., and Sarstedt, M. (2014). A Primer On Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM). SAGE Publications.

Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Jogianto,H. M. (2019). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Amstrong. (2019). Prinsip-prinsip Pemasaran (12th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Mangement (15th ed.). New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV. Al Fath Zumar.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.