PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KENYAMANAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA TOKOPEDIA (Studi Kasus pada Pengguna Tokopedia di Kota Langsa)

Syamil Rifqi, Nurlaila Hanum, Suri Amilia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kenyamanan berbelanja terhadap keputusan pembelian online pada Tokopedia di Kota Langsa. Sampel dalam penelitian ini bejumlah 96 orang. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. Persamaan regresi dalam penelitian ini yaitu Y = 3,183 + 0,192X1 + 0,108X2. Kualitas pelayanan berpengaruh singifikan terhadap keputusan pembelian online pada Tokopedia di Kota Langsa. Kenyamanan berbelanja berpengaruh singifikan terhadap keputusan pembelian online pada Tokopedia di Kota Langsa. Kualitas pelayanan dan kenyamanan berbelanja secara simultan berpengaruh singifikan terhadap keputusan pembelian online pada Tokopedia di Kota Langsa. Nilai R Square sebesar 0,417. Artinya, variabel kualitas pelayanan dan kenyamanan berbelanja mempengaruhi keputusan pembelian 41,7% sedangkan sisanya 58,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.

 

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kenyamanan Berbelanja, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Agustiningrum, Dian. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace. Jurnal Ilmu Manajemen, 9 (3), 896-906.

Ardyanto, Denni. (2015). Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Menggunakan E-Commerce terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Administrasi dan Bisnis (JAB), 22 (1), 214-230.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asyifa, Lia Siti. (2016). Kenyamanan dan Kepercayaan Konsumen Blibli.Com Berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Online. Journal of Business Management Education, 1 (3), 49-56.

Baskara, I Made Arya. (2016). Pengaruh Online Trust dan Perceived Enjoyment terhadap Online Shopping Satisfaction dan Repurchase Intention Lazada Indonesia. E-Jurnal Manajemen Unud, 5 (11), 1-21.

Ghozali, Imam. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ilham, Dino Achriza. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian melalui Situs Online Store Lazada sebagai E-Commerce Terpercaya di Indonesia. Jurnal Manajemen, 1 (1), 1-13.

Jogiyanto, Hartono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Mahkota, Andy Putra. (2014). Pengaruh Kepercayaan dan Kenyamanan terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Administrasi Bisnis, 8 (2), 1-7.

Noor, Juliansyah. (2014). Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenada Media Group.

Park, E. J., Kim, E. Y., and Forney, J. C. (2016). A Structural Model of Fashion Oriented Impulse Buying Behavior. Journal of Fashion Marketing and Management, 10 (4), 433-446.

Permatasari, Cicilia Desy Widya. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Persepsi Resiko dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1 (1), 1-19.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. (2010). Uji Khi Kuadrat & Regresi untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sunyoto, Danang. (2012). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS.

Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.