PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASA PENGIRIMAN BARANG PADA J&T EXPRESS KOTA LANGSA

Muhammad Aldi, Tengku Putri Lindung Bulan, Dewi Rosa Indah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan pada J&T Express. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. Persamaan regresi dalam penelitian ini yaitu Y = 3,182 + 0,250X1 + 0,151X2. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada J&T Express, Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada J&T Express. Kualitas pelayanan dan kepercayaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada pada J&T Express. Berdasarkan uji koefisien determinasi dapat dijelaskan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,601. Artinya, variabel kualitas pelayanan dan kepercayaan mempengaruhi loyalitas pelanggan sebesar 60,1%, sedangkan sisanya 39,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.

 

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Loyalitas Pelanggan


Full Text:

PDF

References


Bulan, Tengku Putri Lindung. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Agen Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 5 (2), 592-602.

Dewi, Ratna Yunita. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Konsumen pada Jasa Pengiriman J&T Express. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1 (1), 1-15.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Hamdani. (2012). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Nugroho, Setiadi. (2013). Meraih Loyalitas Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Nugroho, Adi Wahyu. (2013). Pengaruh Kinerja Layanan, Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Konsumen dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang (Studi Kasus di Hira Cargo Cabang Semarang). Diponegoro Journal of Management, 2 (3), 1-9.

Sumarwan. (2012). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sunyoto, Danang. (2012). Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS.

Supertini, Ni Putu Sri. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2 (3), 19-24.

Tjiptono, Fandy. (2012). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.