PENGARUH KEPERCAYAAN, ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA SHOPEE DI PANGKALAN BRANDAN

Annisa Fadila, Tengku Putri Lindung Bulan, Suri Amilia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, electronic word of mouth dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian online pada Shopee di Pangkalan Brandan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan jumlah sampel 96 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil uji t diketahui kepercayaan dengan nilai tsig sebesar 0,414 > 0,05 berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian online, electronic word of mouth dengan nilai tsig sebesar 0,000 < 0,05 berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online, dan kualitas pelayanan dengan nilai tsig 0,136 > 0,05 berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian online. Hasil uji F diketahui nilai Fsig sebesar 0,000 < 0,05 artinya kepercayaan, electronic word of mouth dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online. Hasil koefisien determinasi diperoleh 0,326 atau 32,6%, sementara sisanya 674% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model seperti harga, keamanan dan          promosi

Kata kunci: Kepercayaan, Electronic Word of Mouth, dan Kualitas Pelayanan terhadap  Pembelian Online


Full Text:

PDF PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.

Cheung,C.M, and Lee, M.K. (2012).What Drives Consumers to Spread Electronic Word of Mouth in Online Consumer-Opinion Platforms. Decision Support Systems, Vol. 53; 218–225.

Ishak, dan Luthfi. (2011). Riset Pemasaran, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kotler dan Keller, (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi ke 12, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip dan Keller, 2016, Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1 & 2,PT.Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Priansa, D, J. (2016). Pengaruh E- WOM dan Persepsi nilai terhadap Keputusan Konsumen Untuk Berbelanja Online di Lazada, Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi Manajemen, Dan Bisnis, Vol. 4, No. 1; 117-124.

Setiadi, Nugroho J. (2012). Perilaku Konsumen. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Sunarto, (2013). Perilaku Konsumen, CV Ngeksigondo Utama, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. (2012). Manajemen Jasa, Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. (2017). Service Management, Andi Offset, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.