PENGARUH HARGA, KELENGKAPAN PRODUK, PROMOSI DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA 212 MART LANGSA

Fahrur Riza, Nurlina Nurlina, Rahmi Meutia

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Harga, Kelengkapan Produk, Promosi, Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian di 212 Mart Langsa. Teknik sampling yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Non-Probability Sampling atau teknik Purposive Sampling dengan menggunakan rumus Unknown populationsehingga responden dalam penelitian ini berjumlah 96 orang. Metode analisis data yang yang digunakan dalam penelitian ini yaitu persamaan regresi linear berganda dan uji hipotesis yang menggunakan uji t, uji F dan uji Koefisien Determinasi (R2).Berdasarkan hasilĀ  penelitian di peroleh persamaan regresi Y = 8,148 + 0,352X1 + 0,324X2 + 0,046X3+ 0,502X4 artinya konstanta sebesar 8,148menunjukkan nilai dari keputusan pembelian sebelum dipengaruhi variabel harga, kelengkapan produk, promosidan store atmosphere. Hasil uji t diketahuivariabel harga(X1) dengan nilai tsig. sebesar 0,000 < 0,05 berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel kelengkapan produk(X2) dengan nilai tsig. sebesar 0,000 < 0,05 berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel promosi(X3) dengan nilai tsig. sebesar 0,429 > 0,05 berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dan variabel Store Atmosphere(X4) dengan nilai tsig. sebesar 0,000 < 0,05 berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F diketahui nilai Fsig. sebesar 0,000 < 0,05 artinya harga, kelengkapan produk, promosi dan store atmosphere secara simultan berpengaruhsignifikan terhadap keputusan pembelian di 212 Mart Langsa. Hasil Uji koefisien Determinasi(R2) menunjukkan kontribusi variabel harga, kelengkapan produk, promosi dan store atmosphere mempengaruhi keputusan pembelian di 212 Mart Langsa sebesar 0,911 atau sama dengan 91,1%, sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini seperti citra merek dan kualitas pelayanan.

Kata Kunci : Harga, Kelengkapan Produk, Promosi, Store Atmosphere dan Keputusan Pembelian.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.