Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Perpindahan Merek Produk Skincare MS Glow di Aceh Tamiang

Cherie Imelda Ningrum, Tengku Putri Lindung Bulan, Rahmi Meutia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap perpindahan merek produk skincare MS Glow di Aceh Tamiang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 96 responden yang merupakan pengguna skincare MS Glow di Aceh Tamiang. Metode analisis data menggunakan persamaan regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Y = 9,955 + 0,217X1 + 0,274X2. Hasil uji t menyatakan citra merek berpengaruh signifikan terhadap perpindahan merek produk skincare MS Glow di Aceh Tamiang, dimana dari uji t diperoleh nilai t sig. 0,03 < 0,05. Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap perpindahan merek produk skincare MS Glow di Aceh Tamiang, dimana dari uji t diperoleh nilai t sig. 0,000 < 0,05. Hasil uji F menyatakan citra merek dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perpindahan merek produk skincare MS Glow di Aceh Tamiang, dimana dari uji F diperoleh nilai F sig. 0,000 < 0,05. Dari analisis koefisien determinasi diketahui bahwa variabel citra merek dan kualitas produk mempengaruhi perpindahan merek produk skincare MS Glow di Aceh Tamiang sebesar 0,226 atau 22,6% sedangkan sisanya 77,4% dipengaruhi oleh variabel lain seperti harga dan iklan.


Full Text:

PDF

References


Akbas, F., Markov, S., Subasi, M., & Weisbrod, E. (2018). Determinants and Consequences of Information Processing Delay: Evidence from the Thomson Reuters Institutional Brokers’ Estimate System. Journal of Financial Economics, 127 (2), 366–388.

Amrullah, P., Sibuian, S., Zainurossalamia, Saida Z.A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 13 (2), 99-118.

Gusmadara, L dan Utami, H.Y. (2013). Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen dan Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Perilaku Perpindahan Merek pada Pengguna Sim Card Simpati PT. Telkomsel Tbk di Kota Padang. STKIP-PGRI Sumbar. Journal of Economic and Economic Education, 2 (1), 50-57.

Hamed, Taherdoost. (2019). What Is The Best Response Scale For Survey and Questionnaire Design Review of Different Lengths of Ranting Scale / Attitude/Scale/ Likert Scale. International Journal of Academic Research in Management, 8 (1), 1-10.

Huda, N dan Nurchayati, N. (2018). Pengaruh Atribut Produk, Iklan, Harga, dan Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Keputusan Perpindahan Merek ke Yamaha NMAX di Semarang Selatan. Jurnal Ilmiah Untag Semarang, 7 (1), 118-131.

Keller, K.L. (2013). Strategic Brand Management; Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Fourth Edition Harlow, English: Pearson Education Inc.

Kotler, Phillip dan Amstrong, Gary. (2015). Principle of Marketing, Edisi 15 Global Edition, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kuswati, Rini. (2014). Analisis Faktor –Faktor yang Mempengaruhi Perpindahan Merek pada Produk Smartphone. Jurnal Manjemen dan Bisnis, 17 (2), 123-131.

Peter, J.P., dan Olson, J.C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Jilid 2. Jakarta: Salemba Empat.

Schiffman, L. G., dan Kanuk. (2015). Consumer Behavior, 11th Edition. Global Edition.

Setiadi, Nugroho J. (2013). Perilaku Konsumen (Edisi Revisi). Jakarta: Kencana Perdana Media Grup.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zahrowati, Siti Fadila dan Suparwati. (2018). Kualitas Pelayanan, Harga dan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Pelanggan pada Klinik Perawatan Wajah De Lovely di Surabaya. Jurnal Bisnis Indonesia, 9 (2), 132-139.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.