Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Buying Interest yang Dimediasi E-wom pada Produk Skincare MS.GLOW FOR MEN

Sahri Rahmadana, Dewi Rosa Indah, Tengku Putri Lindung Bulan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser terhadap buying interest yang dimediasi e-wom pada produk skincare MS.GLOW FOR MEN. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 96 responden dengan kriteria responden sudah menggunakan dan memiliki usia minimal 17 tahun. Metode analisis menggunakan analisis jalur (path analysis), uji t, uji sobel dan koefisien determinasi. Hasil uji t menyatakan faktor celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap buying interest pada produk skincare MS.GLOW FOR MEN, e-wom berpengaruh signifikan terhadap buying interest pada produk skincare MS.GLOW FOR MEN, celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap e-wom pada produk skincare MS.GLOW FOR MEN. Hasil uji sobel celebrity endorser terhadap buying interest dimediasi e-wom berpengaruh signifikan pada produk skincare MS.GLOW FOR MEN. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai 0,516 atau sebesar 51,6% hal ini berarti variabel celebrity endorser yang dimediasi e-wom mempengaruhi buying interest produk skincare MS.GLOW FOR MEN. Sedangkan sisanya 48,4% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Damayanti, R., Husen, Z., dan Mesar, Z. S. H. S. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Minat Beli dengan Electronic Word Of Mouth Sebagai Variabel Intervening pada Produk Skincare Emina. Jurnal Mitra Manajemen, 5 (6), 390-398.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. ,Edisi ke 8. Semarang: Universitas Diponegoro.

Nuriyanna. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Suhay Salim terhadap Purchase Intention (Studi pada Calon Konsumen Produk Kecantikan Merek Safi di Kota Malang). Tesis, Malang: Program Studi Ekonomi, Universitas Brawijaya Malang.

Nurrohman, Faris. dan Agung, Utama. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Smartphone Merek Blackberry di Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 37-45.

Priansa , D, J. (2017). Perilaku Konsumen, Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Putra, S. R. F., dan Saputri, M. E. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser dan Electronic Word of Mouth terhadap Purchase Decision pada Pelanggan Tokopedia. E-Proceedings of Management, 6 (2), 13-30.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suliyanto, (2018). Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Wulandari, N. M. R., dan Nurcahya, I. K. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Clear Shampoo di Kota Denpasar. Doctoral Dissertation, Bali: Program Studi Manajemen, Udayana University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.