PENGARUH KESEHATAN KERJA DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT.SUPRACO VADHANA CONSORTIUM

Amrina Sari, Dhian Rosalina, Muhammad Rizqi Zati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesehatan kerja dan beban kerja terhadap kinerja karyawan PT. Supraco Vadhana Consortium Duri-Riau. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 73 karyawan yang merupakan karyawan PT. Supraco Vadhana Consortium Duri-Riau. Metode analisis data menggunakan persamaan analisis regresi linear berganda dan pembuktian hipotesis dilakukan dengan uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil uji t dalam penelitian ini menunjukkan variabel kesehatan kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan dan variabel beban kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Supraco Vadhana Consortium Duri-Riau. Hasil uji F menunjukkan variabel kesehatan kerja dan beban kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Supraco Vadhana Consortium Duri-Riau. Hasil koefisien determinasi adjusted (R2) menunjukkan kontribusi variabel kesehatan kerja dan beban kerja mempengaruhi kinerja karyawan PT. Supraco Vadhana Consortium Duri-Riau sebesar 0,147 atau 14,7%, sementara sisanya 85,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti disiplin kerja dan kompensasi.

 

Kata kunci: Kesehatan Kerja, Beban Kerja, Kinerja Karyawan


Full Text:

PDF

References


Fernando Reinhard Tjiabrata, dkk. (2017). Pengaruh Beban Kerja Dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Sabar Ganda Manado. Jurnal EMBA, 5 (2), 1570–1580

Gibson, Ivancevich Donelly. (2009). Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Manuaba. (2000). Hubungan Beban Kerja dan Kapasitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Putriawati dan Parashakti Ryani Dhyan. (2020). Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Lingkungan Kerja dan Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal, 1(3), 291 – 304.

Mathis, Robert L. dan John H. Jackson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Mega, S.U.K. (2016). Peran Knowledge Sharing Dalam Memperkuat Pengaruh Kompetensi dan Rotasi Kerja Untuk Meningkatkan Kinerja SDM (Studi pada Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah). SEMHAS FEKON, 263-269.

Rahayu, D. I, Musadieq, A. M, dan Prasetya, A. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja terhadap Motivasi Kerja (Studi pada Karyawan Tetap Maintenance Department PT Badak Lng Bontang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 43 (1), 1-9.

Putra, Achmad Syukriansyah. (2012). Analisis Pengaruh Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan Divisi Marketing dan Kredit PT. WOM Finance Cabang Depok. Jurnal Manajemen Indonesia, 22.

Robbins. (2016). Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Penerbit Gaya Media.

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widodo. (2017). Metodelogi Penelitian Popular & Praktis, Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.