PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PRODUK DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT DI KOTA LANGSA

Sri Dewi Puspita Sari, Erni Junaida, Dewi Rosa Indah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan bagaimana konsumen di Kota Langsa memandang persepsi harga dan kualitas produk melakukan keputusan pembelian produk Scarlett. di Kota Langsa. Survei gunakan sampel 96 responden atas dasar bahwa responden telah membeli produk Scarlett setidaknya sekali. Metode analisis dalam penelitian ini terdiri dari penggunaan analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil uji t mengungkapkan persepsi harga berdampak signifikan terhadap keputusan pembelian produk Scarlett di Kota Langsa, dan kualitas produk juga berdampak signifikan terhadap keputusan pembelian produk Scarlett di Kota Langsa. Hasil uji F mengungkapkan persepsi harga dan kualitas produk sangat mempengaruhi keputusan pembelian produk Scarlett di Kota Langsa. Koefisien determinasi (Adjusted R2) adalah 62,1%. Artinya, persepsi harga dan kualitas produk dapat terpengaruh keputusan pembelian produk Scarlett di Langsa. Kelebihannya 37,9% dampak variabel lain.

Kata kunci: Persepsi Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Agnes, Rosadiro Cahyono, dan Varid Martha. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Lotion Marina. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMAHA, 3(1), 2622-6367.

Arifin, J. (2017). SPSS 24 Untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: Kelompok Gramedia.

Arthur A. Thompson, M. A. (2016). Crafting and Executing Strategy: The Quest for Competitive Advantage, Concepts and Readings. New York: McGraw-Hill Education.

Astria, R., Junaida, Erni., dan Bulan, T.P.L. (2021). Pengaruh Faktor Sosial, Pribadi, dan Psikologis terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Emina di Kota Langsa. JIM: Manajemen Terapan, 1(1), 52-62.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS, 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

_____________. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indah, D. R., Afalia, Iza., dan Maulida, Z. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Vaseline (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Samudra). Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 83-93.

Ismaya, dan Nur Hayati. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik PIXY. Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi, 10(2), 1-15.

Khotimah, dan Turtantiono. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah di Solo Raya. Creative Research Management Journal, 4 (1), 1-10.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2015). Manajemen Pemasaran. Edisi Ke 12, Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks

Kotler, Philip dan Keller. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Muharam dan Soliha. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga dan Keputusan Pembelian Konsumen Mobil Mobilio. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 1(3), 978-936.

Noor, Juliansyah. (2012). Metode Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah, Jakarta: Kencana Predana Media Grup.

Peter dan Olson, 2014, Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran, Salemba Empat, Jakarta.

Robiah, Dinka Wardah&Medi Nopiana, 2022, Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Avoskin. YUME: Journal of Management, Vol.05, No.01; 433-44.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. (2015). Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Syardiansah. (2017). Pengaruh Fasilitas, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Keputusan Sewa Lapangan Futsal oleh Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Tingkat IV). Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 678-688.

Rahman, M., dan Syardiansah. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada 212 Mart di Kota Langsa. JUPIIS:Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 13(1), 167-174.

Wulandari, dan Unggul, Saragih. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Suasana Toko terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah di Watsons dan Guardian Mall Cipinang Indah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16330-16339.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.