PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI BPBD KABUPATEN ACEH TAMIANG

Shinta Maysari, Syardiansah Syardiansah, Muhammad Rizqi Zati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja pegawai di BPBD Aceh Tamiang yang dipengaruhi oleh lingkungan kerja dan motivasi kerja. Pegawai dalam penelitian ini adalah 32 pegawai BPBD Aceh Tamiang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Y = 0,998 + 0,468X1 + 0,358X2. Konstanta bernilai 0,998 merupakan nilai kinerja pegawai pada variabel lingkungan kerja dan motivasi kerja bernilai konstan (tetap). Berdasarkan hasil uji t, lingkungan kerja dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel lingkungan kerja dan motivasi kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Hasil koefisien determinasi variabel lingkungan kerja dan motivasi kerja berkontribusi sebesar 52% terhadap kinerja, sementara sisanya 48% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti seperti kepuasan kerja dan pelatihan kerja.

 

Kata Kunci : Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja.


Full Text:

PDF

References


Ariani, D. R., Ratnasari, S. L., Tanjung, R. (2020). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja Dan Pengalaman Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Super Box Industries. DIMENSI, 9(1), 74-86.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Lia, Cahya. (2015). Pengaruh Insentif dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja (Studi pada AJB BUMIPUTERA 1912 Kantor Cabang Kayutangan, Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(2).

Mangkunegara. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung:

Priyatno, Rosda. (2017). Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Jakarta: Andi Publisher.

Santosa, E. B., Trivena, S.M., Fiernangningsih, N. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan di Matahari Departement Store Malang Town Square. Jurnal Administrasi dan Bisnis, 13(1).

Sedarmayanti. (2017). Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. Bandung: PT Refika Aditama.

Sujarweni. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Syardiansah. Zati, M. R. Tefu, A. F. (2021). Pengaruh Motivasi Eksternal, Pengembangan Karir, Kesehatan dan Keselamatan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Motivasi. 17(2), 46-55.

Syardiansah. Utami, M. P. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT Pati Sari di Aceh Tamiang. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, 5(2), 194-203.

Syardiansah. Dewi, M. Lestari, I. P. (2018). Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT Mopoli Raya Wilayah Timur Aceh Tamiang. Jurnal Niagawan. 7(3), 144-152.

Winardi. (2016). Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: PT. Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.