MEREK ISLAM DAN KUALITAS PRODUK PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELI SKINCARE SAFI PADA MILENIAL KOTA LANGSA

Tiara Rizky Fahraini, Rahmi Meutia, Dewi Rosa Indah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah melihat sikap milenial pada merek islam serta kualitas pada minat beli produk Safi. Kriteria sampel adalah mereka yang pernah menggunakan produk Safi dan berusia 18 hingga 45 tahun, dimana  responden sebanyak 96. Analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, serta koefisien determinasi adalah metode analisis yang akan digunakan. Berdasarkan uji t dapat dilihat bahwa merek islam dan kualitas produk masing-masing berdampak signifikan kepada minat beli Safi. Dari uji F menunjukkan bahwa merek islam dan kualitas produk bersamaan berdampak signifikan pada minat beli produk Safi. Dari uji koefisien determinasi memberikan 0,759 atau 75,9% merek islam dan kualitas produk mempengaruhi minat untuk membeli produk Safi sedangkan sisanya 24,1% dari variabel lain yang tidak diamati.

 

Kata kunci: Merek Islam, Kualitas Produk, Minat Beli


Full Text:

PDF

References


Arifin, J. (2017). SPSS 24 Untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: Kelompok Gramedia.

Astuti, Rini. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(2), 14-23.

Durianto, Darmadi. (2013). Strategi Menaklukkan Pasar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Ghozali, Imam. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi Program AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamed, Taherdoost. (2019). What Is The Best Response Scale For Survey and Questionnaire Design Review of Different Lengths of Ranting Scale/ Attitude/Scale/ Likert Scale. International Journal of Academic Research in Management, 8(1), 1-10.

Hana, Kharis Fadlullah. (2019). Minat Beli Online Generasi Milenial: Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Layanan. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 7(2), 203-216.

Indah, Dewi Rosa., Afalia, Iza dan Maulida, Zenitha. 2020. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Hand and Body Lotion Vaseline (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Samudra). Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 83-93.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks Media Grup.

Kusuma, Aryanti Mukhtar., Hikmah, Maulida Ainul., dan Marom, Aufarul. (2020). Pengaruh Islamic Branding, Kualitas Produk dan Lifestyle terhadap Minat Pembelian Produk Skincare pada Generasi Millenial di Kabupaten Kudus. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 6(2), 289-302.

Nasrullah, Muhammad. (2015). Islamic Branding, Religiusitas dan Keputusan Konsumen terhadap Produk. Jurnal Hukum Islam (JHI), 13(2), 79-87.

Rif’adah, Yuliar. (2019). Pengaruh Islamic Endorsement dan Islamic Branding terhadap Minat Beli di Media Sosial Instagram Safi Indonesia. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Schiffman, Leon G dan Lestlie L Kanuk. (2012). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.

Sembiring, Monalisa Giovani. (2019). Pengaruh Iklan, Harga dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Produk Nature Republic Aloe Vera Gel. Skripsi. Universitas Sanata Dharma.

Shanti, Mardhatillah. (2015). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Reference Group terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Lipstik Wardah di Kota Malang. Thesis. Universitas Brawijaya.

Sujarweni, V Wiratna. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.

_______. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utami, Sari. (2017). Pengaruh Persepsi Kualitas, Harga dan Islamic Branding terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Halal. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wani, Zubaidah. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli Konsumen Kosmetik Wardah pada Gerai Kosmetik Careefour Palembang Square di Kota Palembang. Jurnal Manajemen, 8(4), 1-20.

Yunus, Nor Sara Nadia Muhammad. (2014). Muslim’s Purchase Intention towards Non-Muslim’s Halal Packaged Food Manufacturer. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 130(1), 45-154.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.