PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI WISATAWAN DI TAMAN HUTAN KOTA LANGSA

Suci Pramida, Rahmi Meutia, Dewi Rosa Indah

Abstract


Tujuan penelitian  ini ialah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan daya tarik wisata terhadap minat berkunjung kembali wisatawan di Taman Hutan Kota Langsa. Sampel dalam penelitian ini yaitu 96 responden. Adapun persamaan regresi yaitu Y = 3,120 + 0,662X1 + 0,315X2. Dari uji t dapat dijelaskan bahwa kualitas pelayanan dan daya tarik wisata secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali wisatawan di Taman Hutan Kota Langsa. Dari uji F dapat dijelaskan bahwa kualitas pelayanan dan daya tarik wisata secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali wisatawan di Taman Hutan Kota Langsa. Hasil koefisien determinasi menjelaskan kualitas pelayanan dan daya tarik wisata mempengaruhi minat berkunjung kembali wisatawan di Taman Hutan Kota Langsa sebesar 55,9%, sedangkan sisanya 44,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Daya Tarik Wisata, Minat Berkunjung Kembali


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. (2010). Kewirausahaan (Edisi Revisi). Bandung: CV Alfabeta.

Arifin, Johar. (2017). SPSS 24 Untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Arjana, I Gusti. (2010). Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Edisi 1. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asdi, Muhammad. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berkunjung Kembali Wisatawan di Pantai Parangtritis Yogyakarta. Jurnal Kepariwisataan, 1(2), 1-16.

Bactiar, M. Latif. (2016). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran terhadap Minat Berkunjung Kembali di Objek Wisata Pantai Kabupaten Gunung Kidul, Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 5, 40-49.

Bulan, T.P.L, dan Azmi, Lutfi. (2019). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran terhadap Minat Berkunjung Kembali di Objek Wisata Ruang Terbuka Hijau Taman Hutan Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 8(3), 22-32.

Daryanto. (2011). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: Sarana Turtorial Nurani Sejahtera.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponerogo.

Gitosudarmo, Indryo. (2016). Manajemen Operasi. Yogyakarta: BPFE.

Harfika, J dan Abdullah, N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Aceh Barat Daya, Balance. 14 (1), 44-56.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.