Pengaruh Aksesibilitas, Citra Destinasi dan Daya Tarik Wisata terhadap kepuasan wisatawan pada Objek Wisata Pantan Terong Aceh TengahÂ
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aksesibiltas, citra destinasi dan daya tarik wisata terhadap kepuasan wisatawan objek wisata Pantan Terong Aceh Tengah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan analisis koefisien determinasi. Aksesibilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan pada objek wisata Pantan Terong Aceh Tengah, dimana dari uji t diperoleh nilai t sig. 0,014 < 0,05. Citra destinasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan pada objek wisata Pantan Terong Aceh Tengah, dimana dari uji t diperoleh nilai t sig. 0,000 < 0,05. Daya tarik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan pada objek wisata Pantan Terong Aceh Tengah, dimana dari uji t diperoleh nilai t sig. 0,000 < 0,05. Aksesibilitas, citra destinasi dan daya tarik wisata secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan pada objek wisata Pantan Terong Aceh Tengah, dimana dari uji F diperoleh nilai F sig. 0,000 < 0,05. Dari analisis koefisien determinasi diketahui bahwa aksesibilitas, citra destinasi dan daya tarik wisata mempengaruhi kepuasan wisatawan pada objek wisata Pantan Terong Aceh Tengah sebesar 68,4%, sedangkan sisanya 31,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.
Kata kunci: Aksesibilitas, Citra Destinasi, Daya Tarik, Kepuasan Wisatawan
Full Text:
PDFReferences
Fahmi, Fitrah dkk. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Olahraga Futsal di Kota Langsa (Studi Kasus pada Produk Sepatu Specs terhadap Mahasiswa di Kota Langsa), JIM: Manajerial Terapan, 1(1), 37-42.
Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Isdarmanto. (2017). Dasar-Dasar Pariwisata dan Pengelolaan Destinasi Pariwisata. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo.
Paludi, Salman. (2016) Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Citra Destinasi, Kepuasan Wisatawan, Dan Loyalitas Destinasi Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan Jakarta Selatan. STEIN eRepository, 11(1), 1-22.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.