PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, BRAND IMAGE, DAN BRAND LOYALTY TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SHAMPOO PANTENE DI KOTA LANGSA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser, brand image, dan brand loyalty secara parsial dan simultan terhadap minat beli konsumen shampoo Pantene di Kota Langsa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 96 responden. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Persamaan regresi dalam penelitian ini yaitu Y = 3,918 + 0,192X1 + 0,391X2 + 0,244X3. Dari uji t dapat dijelaskan bahwa celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen shampoo Pantene di Kota Langsa. Brand Image berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen shampoo Pantene di Kota Langsa. Brand loyalty berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen shampoo Pantene di Kota Langsa. Celebrity endorser, brand image, dan brand loyalty secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen shampoo Pantene di Kota Langsa. Celebrity endorser, brand image, dan brand loyalty mempengaruhi minat beli konsumen shampoo Pantene di Kota Langsa sebesar 55,2%.
Kata kunci: Celebrity Endorser, Brand Image, Brand Loyalty, Minat Beli
Full Text:
PDFReferences
Aaker, David A. (2013). Manajemen Pemasaran Strategi. Jakarta: Salemba Empat.
Alma, Buchari. (2012). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ballester, Elena Delgado. (2014). Brand and Consumer Loyalty. Jakarta: Erlangga.
Durianto, Darmadi. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Heryantana, I Gede Handre. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image dan Persepsi Kualitas terhadap Niat Beli Sepeda Motor Honda Scoopy di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 4(9), 1-15.
Jogiyanto, Hartono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Kertajaya, Hermawan. (2011). Positioning, Differensiasi, dan Brand. Jakata: Gramedia Pustaka Utama.
Khoiruman. (2015). Pemasaran Terpadu. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kurniawan, Saverius Dwi. (2012). Analisis Pengaruh Brand Loyalty, Brand Image, Iklan dan Perceived Quality terhadap Minat Beli Konsumen XL Prabayar di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen. 1(1), 1-6.
Molan, Benyamin. (2011). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.
Nurhasanah, Ery dan Karyaningsih. (2021). Pengaruh Brand Image dan Perceived Quality terhadap Minat Beli Website Sophie Paris. Journal of Management, 4(1), 177-186.
Perengkuan, Tommy. (2012). Analisis Pengaruh Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Ulang pada UKM D’Cendol 77 di EIC Unsrat. Jurnal EMBA, 6(4), 2548-2557.
Schiffman, Leon G dan Kanuk, Leslie L. (2013). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.
Shimp, Terence. (2013). Periklanan Promosi. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhardi, Dadang. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek, dan Kepercayaan Merek terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 3(1), 53-62.
Sunyoto, Danang. (2010). Uji Khi Kuadrat & Regresi untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.
___________. (2012). Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS.
Refbacks
- There are currently no refbacks.