PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SMARTPHONE OPPO DI ACEH TIMUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan smartphone Oppo di Aceh Timur. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan analisis koefisien determinasi. Promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada produk smartphone Oppo, dimana dari uji t diperoleh nilai t sig. 0,004 < 0,05. Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada produk smartphone Oppo di Aceh Timur, dimana dari uji t diperoleh nilai t sig. 0,000 < 0,05. Promosi dan Kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada produk smartphone Oppo, dimana dari uji F diperoleh nilai F sig. 0,000 < 0,05. Dari analisis koefisien determinasi diketahui bahwa promosi dan kualitas produk mempengaruhi loyalitas pelanggan pada produk smartphone Oppo di Aceh Timur sebesar 61,6%, sedangkan sisanya 38,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.
Kata kunci: Promosi, Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan
Full Text:
PDFReferences
Gitosudarmo, Indriyo. (2014). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip, dan Keller, Kevin Lane. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi ke 15. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang. (2015). Metodologi Penelitian Ekonomi : Alat Statistik & Analisis Output Komputer. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.
Umar, Husein. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan pada Penerbangan Low Cost Carrier. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik, 1 (2), 127-138.
Refbacks
- There are currently no refbacks.