PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KEMAMPUAN AKADEMIS DAN PENGALAMAN KEUANGAN TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Samudra)

Melani Ningsih, Nurlina Nurlina, Meutia Dewi

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, kemampuan akademis, dan pengalaman keuangan berpengaruh langsung atau tidak langsung terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Samudra stambuk 2018-2021. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 mahasiswa dengan jumlah populasi 917 mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi Universitas Samudra. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji hipotesis terdiri dari uji t yang menunjukkan literasi keuangan secara langsung berpengaruh signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa, sedangkan kemampuan akademis dan pengalaman keuangan secara tidak langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa. Selanjutnya uji F menunjukkan literasi keuangan, kemampuan akademis, dan pengalaman keuangan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa. Dan uji koefisien determinasi menunjukkan literasi keuangan, kemampuan akademis, dan pengalaman keuangan diperoleh sebesar 21,5% dari perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa. Sedangkan variabel yang tidak diteliti pada penelitian ini mempengaruhi 78,5%.

Kata kunci: Literasi Keuangan, Kemampuan Akademis, Pengalaman Keuangan, Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa

 


Full Text:

PDF

References


Cakranegara, Pandu Adi dan Fetesond, Mike. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Kemampuan Akademis, dan Pengalaman Bekerja terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 9 (1), 259-274.

Chairani. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Sumatera Utara.

Krishnawati, Naniek dan Suryani, Yeni. (2010). Bahan Dasar untuk Pelayanan Konseling pada Satuan Pendidikan Menengah Jilid III. Jakarta: Grasindo.

Otoritas Jasa Keuangan. (2017). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (Revisit 2017). Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.

.(2019). Siaran Pers OJK 2019 Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan Meningkat.

https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/Siaran Pers Survei-OJK-2019-Indeks-Literasi-Dan-Inklusi-Keuangan Meningkat.aspx.

Pritazahara, Ritma dan Sriwidodo, Untung. (2018). Pengaruh Pengetahuan Keuangan dan Pengalaman Keuangan terhadap Perilaku Perencanaan Investasi dengan Self Control sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 18(1), 28-37.

Sari, Vivi Affia. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan dan Kontrol Diri terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Sumatera Utara.

Sujarweni, Wiratna. (2015). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Yolanda, Yola. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Pengalaman Keuangan, dan Pendapatan Orang Tua terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Tesis. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Padang, Padang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.