PENERAPAN ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN USAHA PEMBUATAN KERIPIK DI UD. MUSTIKA KOTA LANGSA

Dicky Febriansyah, Nurlaila Hanum, Dewi Rosa Indah

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis strategi pemasaran yang dilakukan oleh UD. Mustika Kota Langsa. Untuk mengetahui posisi perusahaan dalam persaingan usaha, metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT yang membandingkan antara faktor eksternal, yaitu peluang, ancaman dan faktor internal yaitu kekuatan, kelemahan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penerapan strategi pemasaran pada UD. Mustika tidak hanya menggunakan strategi kualitas produk saja, tetapi juga mempertimbangkan strategi lain seperti memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan. Peluang-peluang yang dimiliki seperti peningkatan jumlah penduduk Kota Langsa dan daya beli masyarakat yang terus meningkat belum dimanfaatkan secara maksimal oleh UD. Mustika Langsa. Kelemahan paling tinggi yaitu promosi yang dilakukan masih lemah. UD. Mustika Langsa merespon dengan baik terhadap peluang dan ancaman yang ada dalam memanfaatkan peluang eksternal dan meminimalkan efek yang mungkin muncul dari ancaman eksternal. Dari analisis matriks SWOT diperoleh nilai bobot faktor internal sebesar 2,70, sedangkan nilai bobot faktor eksternal sebesar 2,88. Hal ini menunjukkan bahwa faktor eksternal lebih dominan sebagai faktor penentu pemasaran pada UD. Mustika Langsa.

 

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT


Full Text:

PDF

References


Amir, M Taufiq. (2011). Manajemen Strategik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Assauri, Sofjan. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Budasih. (2014). Strategi Pemasaran Produk Olahan Jamur Tiram pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Spora Bali. Jurnal Manajemen Agribisnis, 2, 2355-0759.

David, Fred. (2007). Manajemen Strategi: Konsep dan Kasus. Jakarta: Erlangga.

Djatmiko, RD. (2008). Pengantar Bisnis. Malang: UMM Press.

Hardiansyah. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mie Basah (Studi Kasus di PD. Lugina-Garut). Jurnal Kalibrasi, 13, 2303-7320.

Jogiyanto, H.M. (2007). Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan. Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Pandji, Anoraga. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Rangkuti, Freddy. (2008). Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Siagian, Sondang. (2008). Manajemen Stratejik. Jakarta: Bumi Aksara.

Simamora, Bilson. (2008). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.