PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN SOCIAL INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK IMPLORA PADA MAHASISWA KOTA LANGSA

Bunga Zahara Balqis, Rahmi Meutia, Suri Amilia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, dan social influencer terhadap keputusan pembelian produk Implora pada mahasiswa Kota Langsa. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 96 responden pada mahasiswa Kota Langsa yang menggunakan produk Implora. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah kuantitatif dengan non probability sampling. Data yang diperoleh secara langsung dari responden yang memenuhi karakteristik dengan penyebaran kuesioner. Metode yang digunakan persamaan regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil uji t membuktikan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, social influencer berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Implora pada mahasiswa Kota Langsa. . Hasil uji F membuktikan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, social influencer berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Implora pada mahasiswa Kota Langsa. Hasil uji koefisien determinasi (Adjusted R2) memiliki nilai sebesar 0,414 atau 41,4% mempengaruhi keputusan pemebelian produk Implora pada mahasiswa Kota Langsa. Sedangkan 58,6 diperoleh dari variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Kata kunci: Kualitas Produk, Social Influencer, Keputusan Pembelian


References


Maulana, Irfan. (2020). Pengaruh Social Media Influencer terhadap Perilaku Konsumtif di Era Ekonomi Digital. Jurnal Majalah Ilmiah, 17(1), 4-6.

Melany dan Ekowati. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Iklan, dan Social Influencer terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani dan Bisnis (JMMIB), 1(2), 214.

Nisa (2019). Pengaruh Sosial Media Influencer dan Trustworthhiness terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Make Over (di Royal Plaza). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 07(2), 480.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Alfabeta.

Utama. (2020). Peran Daya Tarik Iklan, Kualitas Produk, dan Harga dalam Keputusan Pembelian Pembersih Wajah. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(1), 132-139.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.