PENGARUH PROMOSI DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE OLEH PRIA DI KOTA LANGS

Varika Eka, Rahmi Meutia, Maulana Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian skincare oleh pria di Kota Langsa, Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 96 responden dengan kriteria sudah menggunakan produk skincare pria dan memiliki usia minimal 17 tahun dan maksimal 35 tahun. Metode analisis dasar menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi (adjusted R2). Hasil penelitian ini menunjukkan Y = 2,317 + 0,280X1 + 0,895X2. Hasil uji t menyatakan bahwa faktor promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian skincare oleh pria di Kota Langsa dan faktor gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian skincare oleh pria di Kota Langsa. Hasil uji F menyatakan bahwa promosi dan gaya hidup secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian skincare oleh pria di Kota Langsa. Hasil koefisien determinasi (Adjusted R2) 0,580 atau sebesar 58%, sedangkan sisanya 42% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci: Promosi, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian

 


Full Text:

PDF

References


Dhani, M. J. P., dan Agustin, S. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, Promosi, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Ms Glow For Men. JIRM, 11(6).

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Program AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gitosudarmo. (2014). Manajemen Operasi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Kaharu, D., dan Budiarti, A. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Cosmic. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(3).

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks.

Nurhayati, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung di Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 4(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4. Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.