PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK KORBAN TINDAK PIDANA SODOMI (Studi Kasus di Desa Alue Buloh Aceh Timur)

Sapri Suhairu, M. Nurdin, Siti Sahara

Abstract


Tindak pidana sodomi yang dilakukan  di lakukan seorang laki-laki berinsial S (30 tahun) terhadap  anak laki-laki berinisial DA (9 tahun) terjadi pada tanggal 15 Agustus 2018, Dampak bagi korban kekerasan seksual tidak hanya dampak fisik akan tetapi dampak psikologis. ketentuan Pasal 69a Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 menegaskan bahwa Perlindungan Khusus bagi Anak korban kejahatan seksual berupa rehabilitasi social, pendampingan psikososial pada saat pengobatan sampai pemulihan, namun pada kenyataannya pihak terkait tidak melakukan upaya perlindungan hukum terhadap korban.Metode yang digunakan adalah metode penelitian empiris, sebuah metode penelitian yang berupaya untuk melihat hukum dalam artian nyata dan meneliti bagaimana bekerjanya hukum di lingkungan masyarakat.Hasil penelitian menunjukan bahwa, kekerasan seksual terhadap anak di jerat sesuai dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 perubahanatas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan Anak, Pasal 69a Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014. anak korban tindak pidana sodomi di Desa Alue Buloh Kabupaten Aceh Timur tidak mendapatkan perlindungan dari pihak terkait, pihak terkait tidak mendampingi dan tidak melakukan tindakan apapun untuk memulihkan kondisi korban. Hambatan yang timbul dalam hal ,memberi perlindungan terhadap anak korban tindak pidana Sodomi yaitu korban tidak berani mengaku/menceritakan kejadian yang sebenarnya kepada orang tua dan polisi, dan upaya perlindungan yang diberikan terhadap anak korban tindak pidana Sodomi dari berbagai pihak memberikan perlindungan terhadap anak tersebut, diantaranya di orang tua korban, pihak aparatur gampong dan pihak kepolisian, namun dari pihak dinas social tidak melakukan upaya apapun dalam hal untuk memulihkan kondisi korban dri trauma.

Keywords


Perlindungan Hukum, Anak, Tindak Pidana Sodomi

Full Text:

PDF

References


Buku-buku.

Ana Anisa, Perlindungan Hukum Terhdap Anak Korban Pencabulan, Jurnal Hukum, PKN Universitas Negeri Makasar, Vol.1 2014.

Bambang Sunggono, Metode Penelitian Hukum Ed 1 Cet 15, Rajawali Pers, Jakarta, 2015.

Liza Agnesta Krisna, Hasil Penelitian Kemasyarakatan Sebagai Dasar Pertimbangan Hakim Dalam Pengadilan Anak, Jurnal Vol. 10 No. 1Januari-Juni 2015.

Maidum Gultom, Perlindungan Terhadap Anak “ Dalam Sistem Peradilan Pidana Anak Di Indonesia, Bandung, Refika Aditama, Bandung, 2008.

Joenaedi Efendi dan Jhonny Ibrahim, Metode Penelitian Hukum Normatif Dan Empiris, Prenadamedia Groub, Depok, 2016.

Soerjono Soekanto & Sri Mamudji, Penelitian Hukum Normatif (Suatu Tinjauan Singkat) Ed 1 cetak ke 17, Rajawali Pers, Jakarta, 2015.

Satijipto Raharjo,Ilmu Hukum, PT.Citra Aditya Bakti, Bandung, 2000.

Wirjono Prodjodikoro, Tindak-Tindak Pidana Tertentu di Indonesia, Refika Aditama,Bandung,, 2010.

Peraturan Perundang-undangan

Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Kitap undang-Undang Hukum Pidana.

PERMEN Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak R.I Nomor 15 Tahun 201Pedoman Umum Penanganan Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum, Kementrian PemberdayaanPerempuan Perlindungan Anak R.I.




DOI: https://doi.org/10.33059/ma.v1i2.33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Meukuta Alam : Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Meukuta Alam : Jurnal Ilmiah Mahasiswa telah terindeks pada :

 

Plagiarism Tools:

turnitin


INFORMATION :

Redaksi Meukuta Alam : Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Program Studi Hukum - Fakultas Hukum Universitas Samudra

Jl. Prof. Dr. Syarief Thayeb, Meurandeh, Langsa Lama, Kota Langsa - Aceh, 24415

E-mail: jimma.fh@gmail.com



Meukuta Alam  : Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License