PENGARUH LITERASI KEUANGAN, TINGKAT PENDIDIKAN, BANTUAN PEMERINTAH, PERENCANAAN KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KEUANGAN UKM KOTA LANGSA

Irvan Fahrizal, Muhammad Fuad, Dias Setianingsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, tingkat pendidikan, bantuan pemerintah, dan perencanaan keuangan terhadap perilaku keuangan UKM di Kota Langsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan bantuan SPSS 24. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UKM di Kota Langsa yang berjumlah 2.688 UKM, dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 responden. Teknik menentukan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 10% menghasilkan 97 responden dan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner dan dengan menggunakan alat ukur berupa uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji hipotesis yaitu Uji t dan Uji F. Hasil uji t untuk pengaruh literasi keuangan (X1) terhadap perilaku keuangan (Y) adalah sebesar 2,332 dan nilai t-sig lebih kecil dari nilai alpha yaitu sebesar 0,022 < 0,05, untuk pengaruh tingkat pendidikan (X2) terhadap perilaku keuangan (Y) adalah sebesar 4,056 dan nilai t-sig lebih kecil dari nilai alpha yaitu sebesar 0,000 <0,05, untuk pengaruh bantuan pemerintah (X3) terhadap perilaku keuangan (Y) adalah 1,495 dan nilai t-sig lebih besar dari nilai alpha yaitu sebesar 0,138 > 0,05, dan untuk pengaruh perencanaan keuangan (X4) terhadap perilaku keuangan (Y) adalah sebesar 3.666 dan nilai t-sig lebih kecil dari nilai alpha yaitu sebesar 0,000 < 0,05. Dan untuk uji F dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Langsa, 2020, Kota Langsa Dalam Angka Langsa Manicipality in Fingures.

Bonang, Dahlia, 2019, Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perencanaan Keuangan Keluarga di Kota Mataram, j-EBIS, Vol. 4, No. 2, Hal. 155-165.

Dewi, Ni Ayu Putu Uma, Yuniarti, Gede Adi, dan Wahyuni, Made Arie, 2017, Pengaruh Sosialisasi SAK ETAP, Tingkat Pendidikan Pemilik, dan Persepsi UKM Terhadap Pengunaan SEK ETAP pada UKM di Kecamatan Buleleng, e-journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 7, No. 1, Hal. 1-12.

Noor, Juliansyah, 2012, Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah, Edisi Pertama, Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK), 2020, Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2019, Desember 2020, http://www.ojk.co.id.

Peraturan Mentri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, 2016, Undang-Undang RI Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Pedoman Umum Menyelenggarakan Bantuan Pemerintah Pada Kementrian Koperasi dan Uasa Kecil dan Menegah.

Putri, Purnama Riantira, 2017, Pengaruh Faktor Demografi dan Motivasi Terhadap Perilaku Keuangan Pelaku UKM di Kota Makassar Dengan Literasi Keuangan Sebagai Variabel Intervenig, Skripsi, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Rahayu. Aghitnia Setyaning, 2019, Pengaruh Literasi Keuangan, Kendali Diri, Optimisme, dan Pemikiran Deliberatif Terhadap Perilaku Keuangan dan Kesejahteraan Keuangan, Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Sekertariat Kabinet Republik Indonesia (Setkab), 2020, Pemerintah Lucurkan Program Bantuan Produktif untuk UMKM, Desember 2020, http://www.setkab.go.id

Susanti, Ari, Ismunawan, Fardi dan Ardyan, Elia, 2017, Tingkat Pendidiakan, Literasi Keuangan, dan Perencanaan Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan UMKM di Surakarta, TELAAH BISNIS, Vol. 18, No. 1, Hal. 45-56.

Soetiono, Kusumaningtuti S, dan Setiawab, Cecep, 2018, Literasi dan Inklusi Keuangan Indonesia, Edisi pertama, Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan ke-12 Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan ke-28 Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V, Wiratna, 2015, SPSS Untuk Penelitian, Yogyakarta: Pustaka baru press.

Wardhani, Nidya Riswanda Trisma, 2019, Pengaruh Tingkat Pendidikan, Literasi Keuangan, dan Perencanaan Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan UMKM Unggulan di Kabupaten Lumajang, Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.