Pengaruh Keragaman Produk, Price Discount, dan Display Produk terhadap Impulse Buying Konsumen Saqina Swalayan di Kota Langsa

Mahar Rina, Rahmi Meutia, Dyah Ayu Ardiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Keragaman Produk, Price Discount, dan Display Produk terhadap Impulse Buying Konsumen Saqina Swalayan Kota Langsa. Penelitian ini dilakukan pada Saqina Swalayan yang berlokasi di Jalan Jendral Ahmad Yani, Kota Langsa, Aceh. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R2). Populasi dan sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 96 orang responden konsumen Saqina Swalayan Kota Langsa dengan menggunakan metode accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada responden. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 5,297 + 0,048 X1 + 0,378 X2 + 0,202 X3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keragaman Produk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Impulse Buying, Price Discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying, dan Display Produk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Impulse Buying konsumen di Saqina Swalayan Kota Langsa. Hasil Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,155 atau 15,5%, sedangkan sisanya sebesar 84,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini seperti : store atmosphere, bonus pack, kualitas pelayanan, visual merchandising dan positive emotion.

Full Text:

PDF PDF

References


Anggraeni, J., & dkk. (2016). Pengaruh Keanekaragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying di Butik Cassanova Semarang. Jornal of Management, 2 (2).

Apriliani, R., & Khuzaini. (2017). Pengaruh Price Discount, Positive Emotion dan In-Store Stimuli Terhadap Impulse Buying. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6 (6), 2461-0593.

Artana, I. P. W., Wisesa, I. G. B. S., & dkk. (2019). Pengaruh Store Atmosphere, Display Product, dan Price Discount Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pada Indomaret di Kota Denpasar). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 8 (4), 369-394.

Elvitria, S., & Moh Maskan. (2019). Pengaruh Display Produk dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Pada Giant Hypermart Mall Olympic Garden (MOG). Jurnal Aplikasi Bisnis, 5 (1), 2407-3741.

Ghazali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Lestari, S. I. P. (2018). Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Melalui Nilai Hedonik Di Carrrefour Surakarta. Jurnal Maksipreneur, 7 (2), 129-140.

Ningsih, J. (2019). Pengaruh Store Atmosphere, Display Produk dan Promosi Terhadap Pembelian Impulsif Di Mirota Kampus Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 5 (2).

Prasetya, F. (2011). Analisis Pengaruh Diferensiasi, Promosi, Dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian. Universitas Diponogoro, Semarang.

Rahmadana, N. M. S. (2016). Pengaruh Display Produk dan Suasana Toko Terhadap Pembelian Impulsif di Minimarket Eramart Cabang Lembuswana Samarinda. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4 (3), 683-697.

Rizal, M. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Impulse Buying Pada Indomaret di Kota Langsa, Jurnal Manajemen dan Keuangan, 4 (2).

Rochman, F. N. (2016). Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, dan In-Store Display Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Giant Supermarket Yogyakarta). Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo.

Setianingsih, N F. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Keragaman Produk, Dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Dunkin Donuts Ambarukmo Plaza Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Sinurat, M. A. (2017). Pengaruh Keanekaragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying Konsumen Indie Kopi Binjai. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Sonata, I. (2019). Pengaruh Price Discount dan In-Store Display terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Produk Miniso. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis, 4 (1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vita Dhameria, S. (2014). Analisis Pengaruh Keunikan Desain Kemasan Produk, Kondusivitas Store Environment, Kualitas Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif (Studi Pada Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 1 (1), 1-44.

Wulandari, T. (2018). Pengaruh Store Environtment, In-Store Display, Dan Keragaman Produk Terhadap Impulse Buying Produk Rabbani. Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.