IDENTIFIKASI POTENSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN EKOWISATA DI KABUPATEN ACEH TAMIANG (STUDI KASUS: EKOWISATA KUALA PARET)

Umi Umaya Harahap, Safuridar Safuridar, Puti Andiny

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi dan strategi pengembangan ekowisata di Kabupaten Aceh Tamiang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities dan Threats). Hasil analisis menunjukkan bahwa kawasan wisata Kuala Paret memiliki kekuatan dan peluang yang dapat dikembangkan sebagai strategi agresif; Strategi pengembangan ekowisata Kuala Paret di Desa Kaloy Kecamatan Tamiang Hulu Kabupaten Aceh Tamiang adalah perlunya publikasi tentang kawasan di media sosial, penataan ruang lokasi wisata, pelatihan usaha terkait pariwisata untuk sumber daya manusia lokal, perlunya lebih banyak pembiayaan untuk penyediaan sarana dan prasarana penunjang.

 

Kata kunci: Ekowisata, Potensi, Strategi Pengembangan


Full Text:

PDF

References


Delita, Fitra dan Elfayetti, Tumiar Sidauruk. (2017). Analisis SWOT untuk Strategi Pengembangan Obyek Wisata Pemandian Mual Mata Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun. Jurnal Geografi Fakultas Ilmu Sosial, 9(1), 41-52.

Lestari, A. (2018). Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat dalam Mewujudkan Pembangunan Pariwisata Berwawasan Lingkungan. Jurnal Senas Polhi, 1(1), 29-36

Rangkuti, F. (2016). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia.

Sudarmadji. (2013). Mata Air, Perspektif Hidrologis dan Lingkungan. Yogyakarta: Sekolah Pascaraja, Universitas Gadjah Mada.

Sudijono, A. (2005). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.