PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DAYA TARIK PROMOSI TERHADAP MINAT KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA DEKORASI (STUDI KASUS PADA TOKO ONLINE CHASPERDEKOR.ID)

Yolanda Oktaviani, Suri Amilia, Dyah Ayu Ardiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan daya tarik promosi terhadap minat konsumen menggunakan jasa dekorasi pada toko online Chasperdekor.id. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 96 responden dengan kriteria responden memiliki usia minimal 14 tahun dan sudah pernah menggunakan produk atau jasa Chasperdekor.id. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda hasil analisis menunjukan bahwa kualitas produk, daya tarik promosi berpengaruh positif terhadap minat konsumen menggunakan jasa dekorasi Chasperdekor.id. Uji t (parsial) diketahui bahwa variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen. Sedangkan variabel daya tarik promosi berpengaruh tidak signifikan terhadap minat konsumen menggunakan jasa dekorasi Chasperdekor.id. Uji F diketahui bahwa kualitas produk dan daya tarik promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen menggunakan jasa dekorasi Chasperdekor.id dan analisis koefisien determinasi dapat dijelaskan bahwa kualitas produk dan daya tarik promosi terhadap minat konsumen menggunakan jasa dekorasi Chasperdekor.id sebesar 0,173 atau sebesar 17,3%. Hal ini berarti variabel kualitas produk dan daya tarik promosi hanya berkontribusi sebesar 17,3% sementara sisanya 82,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata kunci: Kualitas Produk, Daya Tarik Promosi, Minat Konsumen


Full Text:

PDF

References


Arsyanti, Astuti. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Keragaman Produk terhadap Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya terhadap Minat Beli Ulang (Studi pada Toko Online Shopastelle, Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5 (2), 2337-3792.

Intan, Mawarsari. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Minat Beli ulang Konsumen Olahan Buah Carica di Daerah Wonosobo. Skripsi. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Juliandi A, Irfan, Manurung S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis: Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU Press.

Muhammad, Ghofar Triyono. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, dan Harga terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk GOF Fashion Store. Tesis. Program Studi Magister Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatra Utara.

Siti Ainul Hidayah, R.A.E.P Apriliani. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk, dan Daya Tarik Promosi terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan (Studi pada Pasar Grosir Setono Batik Pekalongan). Journal of Economic, Business and Engineering, 1(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D). Bandung: Alfa Beta.

Sujarweni, Wiratna. (2015). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.