PENGARUH PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN KONSUMEN TOKO KOPI URBAN LANGSA (Studi Kasus pada Toko Kopi Urban Langsa)

Ikram Febriansyah, Suri Amilia, Maulana Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, dan lokasi terhadap loyalitas melalui kepuasan konsumen Toko Kopi Urban Langsa. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 145 responden dengan frekuensi pembelian minimal dua kali atau lebih. Metode analisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil dari Outer Model menyatakan kemenarikan merek, keterjangkauan harga, ekspansi, kesesuaian harapan, dan retention. Indikator ini memiliki kontribusi terbesar dalam mencerminkan variabel produk, harga, dan lokasi. Hasil dari Inner Model kepuasan konsumen memiliki nilai R-square 0,709 atau sebesar 70,9%, sedangkan kepuasan konsumen terhadap loyalitas 0,615 atau 61,5%.. Variabel yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas adalah produk, harga, dan lokasi.

 

Kata kunci: Produk, Harga, Lokasi, Kepuasan Konsumen, Loyalitas


References


Fadilla, F. N., Rodhiyah, R., dan Nurseto, S. (2015). Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Menggunakan telkom Speedy di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4 (2), 355-360.

Fure, Hendra. (2013). Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Minat Beli pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1 (3), 1646.

Ghozali, Imam. (2014). Structural Equation Modeling Alternatif an Partial Least Square (PLS). Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Imam, M. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Dailydose Coffee and Eatery di Kota Bogor. Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Kosasih N. N. (2013). Analisis Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Warung Nasi Ampera di Jakarta. Disertasi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Ramadhani, T. A. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Kedai Kopi Kulo Bogor. Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Sari, I. P., Anindita, R., dan Setyowati, P. B. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) terhadap Kepuasan Pelanggan Berubah Menjadi Loyalitas Pelanggan pada Coldplay Juice Soji. Jurnal Ekonomi Petanian HABITAT, 29 (2), 57-64.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Menthod). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.